Obat Telinga Berair dan Gatal

Obat Telinga Berair dan Gatal – Telinga berair atau yang disebut dengan curek merupakan gangguan sakit telinga yang harus diwaspadai. Gangguan telinga seperti telinga berair dapat menghalangi suara yang masuk ke dalam telinga, sehingga suara yang ditangkap dan dirasakan samar atau tidak terdengar dengan jelas, sehingga mengganggu komunikasi dan pendengaran.

Obat Telinga Berair dan Gatal

Obat Telinga Berair dan Gatal

Telinga berair bukan termasuk dalam suatu penyakit berat, karena telinga berair dapat diatasi dan diobati dengan menggunakan obat tetes telinga yang banyak dijual di apotik atau toko obat lainnya. Namun biasanya obat tetes telinga yang dijual di apotik mengandung efek samping yang cukup mengganggu seperti telinga terasa panas, berasa seperti adanya kumpulan cairan di dalam telinga. Obat tetes telinga yang umum digunakan memiliki daya kerja dengan mengumpulkan cairan atau kotoran telinga bagian dalam, hingga didiamkan beberapa saat kemudian akan keluar berupa gumpalan kotoran telinga baik dalam bentuk cairan agak padat, atau kotoran telinga yang padat dan timbul rasa gatal.

Umumnya penyebab dari telinga berair yakni ketika mandi, tanpa sengaja air masuk ke dalam gendang telinga, berenang tanpa menggunakan perlengkapan renang untuk melindungi telinga, mengorek telinga terlalu dalam dengan benda tumpul seperti cotton bud. Adapula penyebab lainnya dari telinga berair seperti adanya penyakit vertigo dan sinusitis dll.

Penyakit telinga berair memang bukan penyakit mematikan akan tetapi akan cukup mengganggu bagi penderitanya. Penelitian menunjukkan bahwa penderita gangguan telinga dapat merespon terhadap pengobatan yang diberikan, meskipun pendengaran jangka panjang masih sulit untuk dicegah.

Beberapa jenis Obat Telinga Berair dan Gatal

yang dapat diresepkan oleh dokter spesialis THT untuk mengobati telinga berair yang dapat menyebabkan komplikasi pada vertigo, yakni :

1. Obat Telinga Berair dan Gatal penyakit gerakan seperti meclizine (Antivert) atau diazepam (Valium) dapat mengurangi sensasi berputar yang diakibatkan vertigo dan membantu mengontrol mual dan muntah.

2. Obat Telinga Berair dan Gatal anti mual seperti prometazin dapat mengontrol mual dan muntah selama mengalami vertigo yang disebabkan oleh telinga berair.

Telinga berair atau disebut dengan meniere adalah gangguan yang menyerang telinga bagian dalam dan secara spontan telinga berair dapat menyebabkan vertigo dan gangguan telinga berdenging (tinitus). Telinga berair dapat menyerang siapa saja mulai dari anak-anak, dewasa hingga usia lanjut. Namun kebanyakan kasus, anak-anak lebih sering menderita telinga berair karena kebiasaan ketika mandi sambil bermain air.

Dibawah ini ada obat telinga berair alami yang bisa Anda buat sendiri dirumah. Obat telinga berair ini bisa Anda buat dari bahan utama daun anggrek.

Daun anggrek sebanyak 3 lembar, kemudian obat telinga berair alami kunyit 1 jari.

Cara membuatnya adalah kedua bahan tadi ditumbuk sampai halus dan setelah itu tumbukan tadi diperas dan ambil air perasannya.

Kemudian cara menggunakannya adalah dengan membersihkan telinga dengan menggunakan kapas sampai benar-benar bersih.

Dan setelah itu teteskanlah pada cairan akar pinang ke dalam telinga sebanyak 3 tetes. Agar ramuan ini tidak keluar tutup pada telinga maka Anda bisa menggunakan kapas.

Dan lakukanlah hal ini sebanyak 3 kali dalam sehari.

Hal yang harus diingat dalam penggunaan obat telinga berair alami ini adalah :

  • Konsumsilah makan-makanan yang banyak mengandung vitamin K, hati, serta kedelai, bayam, dan lain-lain.
  • Jangan makan-makanan laut seperti kepiting, cumi, ikan laut, dan udang.
  • Jangan minum minuman yang mengandung alkohol.
  • Jangan terkena sinar matahari di siang hari.

Baca Juga : 5 Obat Telinga Berair Alami

Selain dengan menggunakan obat telinga berair alami diatas, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk membantu mencegah terjadinya telinga berair, yakni :

  • Membersihkan telinga bagian luar saja.

Untuk keadaan yang normal, maka biasanya telinga mempunnyai kemampuan mandiri untuk membersihkan dirinya sendiri. Bentuk dari lubang telinga yang berbentuk sudut dan juga lapisan yang berbuku-buku halus bisa membantu untuk menjaga telinga Anda dari kemasukan kotoran yang berlebihan. Maka, Anda tidak usah repot untuk membersihkan telinga sampai ke dalam, yang Anda perlukan adalah membersihkannya cukup sampai daun telinga saja dan bagian luar lubangnya.

  • Jangan dikorek

Cara merawat telinga selanjutnya adalah jangan dikorek. Karena kebiasaan mengorek  dengan menggunakan cotton bud, atau alat pembersih dengan menggunakan bahan yang keras merupakan hal yang tidak dianjurkan untuk kesehatan telinga. Penggunaan dari cotton bud yang besar malah akan menyebabkan kotoran masuk ke dalam telinga.

  • Merawat dengan teratur

Perawatan teratur pada telinga sangat dianjurkan. Jika Anda merasa ada yang kurang normal pada telinga Anda misalnya adalah ada suatu bunyi atau suatu yang bergerak disaat Anda sedang menggerakkan kepala, maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter atau memeriksakan ke THT.

Dan begitu juga disaat anda ingin membersihkan bagian dalam dari telinga. Maka lakukanlah pemeriksaan dan perawatan ini setahun sekali. Hal ini bisa membantu untuk menjaga kebersihan telinga.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *