Tujuan Tempat Wisata Indonesia dan Panduan Berkunjung

Tempat wisata Indonesia menjadi daya tarik di dunia, artikel ini akan membahas dimana saja wisata Indonesia dan panduan jika Anda ingin berkunjung.

DEMOGRAFI

Ukuran : Kepulauan Indonesia mencakup banyak daratan, dengan lebih dari 17.000 pulau terbentang lebih dari 5.200 km antara Asia dan Australia.

Populasi : 255 juta dan populasi Muslim terbesar di dunia.

Keragaman : Keanekaragaman etnis, budaya dan bahasa negara-negara tersebut luar biasa: lebih dari 500 bahasa dan dialek yang digunakan di seluruh pulau.

Satwa liar : Keanekaragaman hayati Indonesia sangat mengesankan, menempatkan negara kepulauan ini sebagai salah satu dari 17 negara “megadiverse” di dunia, rumah bagi hampir semua spesies tumbuhan dan hewan di bumi.

Gunung Berapi : Indonesia memiliki gunung berapi ketiga di dunia setelah AS dan Rusia – 139 gunung berapi yang luar biasa, beberapa di antaranya dapat Anda daki.

Ekonomi : Indonesia memiliki sistem keuangan paling signifikan di Asia Tenggara, dan mungkin merupakan penyedia utama karet, kopi, kakao, dan, yang kontroversial, minyak sawit.

Mata uang : Rupiah (Rp)

Tempat tujuan wisata di Indonesia

Dengan sepuluh dari ribuan pulau untuk dijelajahi, mungkin sulit untuk menentukan tempat paling produktif untuk bepergian di Indonesia. Betapapun dramatisnya, nusantara memiliki banyak tempat menarik yang indah: pusat budaya Ubud, stupa Buddha besar yang menjulang di atas Jawa, danau kawah biru kehijauan dan puncak gunung Rinjani yang berbatu, pantai pasir putih yang menakjubkan di Kepulauan Gili .

Belum lagi satwa liar yang luar biasa, dari komodo raksasa hingga tarsius kecil di Taman Nasional Tangkoko, dan peringkat orangutan liar di beberapa hutan di Bukit Lawang. Namun, di luar pesona yang jelas itu terdapat banyak wilayah yang belum ditemukan. Kepulauan Banda yang tersebar luas adalah surga bagi penyelam, sementara antar-jemput perahu di sepanjang sungai Kalimantan yang indah menawarkan cita rasa kehidupan tradisional Dayak.

Sebagai alternatif, kami telah menetapkan beberapa pesaing teratas untuk dipercaya dalam perjalanan Anda di Indonesia.

1. Bali

tempat wisata bali

Dengan hamparan sawah hijau zamrud dan budaya inovatif, Bali telah lama menjadi anak poster pulau-pulau di Indonesia. Konurbasi Kuta-Legian-Seminyak yang terkenal memiliki hamparan pasir keemasan sepanjang 8 km yang ditutupi dengan akomodasi, toko, dan bar, sementara Canggu di sekitarnya jauh lebih maju dengan pantai-pantai yang lebih liar.

Untuk beraksi, Semenanjung Bukit adalah tempat penjelajahan yang mendesis, dan pulau Nusa Lembongan yang tenang serta akomodasi pantai di Amed dan Padang Bai memiliki aktivitas snorkeling dan menyelam yang sangat baik. Ubud adalah ibu kota budaya Bali yang tak perlu dipersoalkan karena pertunjukan tari dan irama tradisionalnya serta kumpulan studio yoga dan galeri karya seni.

2. Lombok dan Kepulauan Gili

lombok wisata dan gili

Sekitar 35 kilometer sebelah timur Bali, Lombok memiliki lebih banyak pantai yang belum terjamah dibandingkan tetangganya, dan tidak lebih banyak pengunjung dan polusi. Secara visual menakjubkan, dengan sebagian besar Gunung Rinjani yang mengesankan menjulang di atas danau kawah berwarna biru kehijauan.

Tepat di lepas pantai, Kepulauan Gili yang terkenal dikelilingi oleh pantai pasir putih dan terumbu karang yang masih asli. Dari ketiganya, Gili Trawangan adalah pulau perayaan ulang tahun, sedangkan Gili Air dan Meno memiliki suasana yang lebih lembut.

3. Jawa

pulau jawa indonesia

Ciri khas penting Jawa diatur melalui gunung berapi, lerengnya yang subur membantu persawahan berkilauan yang dihiasi dengan desa-desa yang tak terhitung jumlahnya. Di sebelah selatan adalah tanah air etnis Jawa dan pusat seni, budaya dan bahasa tradisional mereka, yang dilambangkan oleh istana kerajaan Yogyakarta dan Solo.

Di sebelah timur, pegunungan vulkanik Gunung Bromo menawarkan pendakian yang sangat baik, terutama saat matahari terbit. Di tempat lain adalah candi tradisional Dataran Tinggi Dieng, danau biru kehijauan Kawah Ijen dan pantai berpohon palem di sekitar Pangandaran.

4. Sumatra

sumatra hutan bukit lawang

Surga bagi penjelajah, begitu banyak wilayah Sumatera yang masih belum ditemukan. Beberapa tempat menarik di jalan setapak yang berkelompok di sebelah utara jalan raya antik Trans-Sumatera: hutan Bukit Lawang yang dipenuhi orangutan; Danau Toba, jantung religius suku Batak yang mempesona; gunung berapi kembar Berastagi; dan situs menyelam Pulau Weh. Di sebelah barat, Anda akan menemukan Bukittinggi ibu kota budaya Dataran Tinggi Minangkabau dan Danau Maninjau yang dikelilingi hutan.

5. Kalimantan, Borneo

wisata kelam kalimantan borneo

Menempati dua pertiga bagian selatan Kalimantan, sebagian besar Kalimantan masih belum tersentuh oleh pariwisata. Dengan sedikit jalan raya, sungai-sungai besar di bagian dalam adalah jalan raya, dan antar-jemput perahu di sepanjang aliran air akan menawarkan gaya hidup tradisional Dayak.

Penjelajah ekstra pemberani dapat menghabiskan waktu berminggu-minggu menjelajahi sumber daya mereka melalui hutan tropis yang jarang dijelajahi, dan kunjungan ke salah satu taman nasional penting dapat mengantarkan Anda berhadapan langsung dengan orangutan liar. Dikalimantan juga terdapat batu terbesar di dunia yaitu wisata bukit kelam yang terdapat di  kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

6. Flores dan Komodo

Flores memiliki salah satu lanskap menarik yang penting di Indonesia. Tulang vulkanik pulau menjulang setinggi 2500m, musim hujan menghasilkan kesuburan yang menandai Flores kecuali tetangganya yang hangus. Pemandangan yang paling menarik adalah Kelimutu: tiga kawah gunung berapi yang telah punah ini masing-masing memiliki danau dengan warna yang berbeda-beda, berwarna-warni dan secara bertahap berubah warna.

Di lepas pantai barat Flores dan Taman Nasional Komodo, sekelompok pulau kering namun megah yang merupakan rumah bagi komodo yang endemik. Kadal terbesar yang masih ada di planet ini, makhluk menakutkan ini memiliki berat hingga 150 pon dan memiliki kunyahan beracun, memungkinkan mereka untuk berburu mangsa yang jauh lebih besar. Dua pulau yang banyak dikunjungi di taman nasional tersebut adalah Komodo dan Rinca; Memenangkan pengetahuan mengatakan bahwa naga di yang pertama lebih besar tetapi lebih sulit untuk dikenali.

7. Sulawesi

Bentuk “K” unik Sulawesi mendekati tempat di pulau yang jauh lebih dari 100 km dari laut. Pegunungan mengisolasi empat semenanjungnya yang terpisah dari satu sama lain dan dari luar internasional, penjajah telah dengan susah payah didorong untuk menjajah melewati pantai, dan campuran budaya tunggal berkembang. Bagian selatan terbelah antara dataran tinggi Toraja dan dataran rendah Bugis; cukup banyak suku terasing yang menempati pegunungan tertinggi, dan orang Minahasa keturunan Filipina tinggal agak jauh di utara. Tanah Toraja yang bergunung-gunung adalah pesona utama pulau itu, dengan pemandangannya yang indah, arsitekturnya yang unik, dan festival yang semarak.

8. Jakarta

Jakarta adalah kota besar yang tak ada bandingannya di Indonesia, rumah bagi hampir 30 juta orang lainnya di hamparan  seluas 700 kilometer persegi. Meskipun banyak pelancong tidak memandang ibu kota sekilas, tidak ada tempat yang lebih baik untuk menikmati dinamisme Indonesia yang berdenyut dan kontras yang memukau.

Berikan kota itu kemungkinan, dan Anda juga akan menemukan banyak hal mulai dari kawasan etnis dan sejarah yang menarik perhatian dan museum yang menarik hingga kehidupan malam yang memabukkan dan mal-mal baru yang besar.

Waktu Terbaik untuk Mengunjungi Indonesia

Seluruh kepulauan Indonesia beriklim tropis, dengan suhu udara selalu antara 21 ° C dan 33 ° C, meski lebih santai di pegunungan. Dalam konsepsi, waktu paling produktif untuk mudik ke Indonesia ditentukan oleh musim hujan dan kemarau, terlepas dari itu perbedaannya terus-menerus berat. Terlebih lagi dengan efek perubahan iklim, yang telah mengubah pola musim, terkadang memperpendek dan memusatkan musim hujan.

Sangat kurang lebih, di sebagian besar negara, November hingga April adalah bulan-bulan turun hujan (Jan dan Feb paling sering) dan Mungkin hingga Oktober kering. Waktu yang paling bagus untuk berbicara dengan Indonesia adalah antara pertengahan Juni dan pertengahan September dan lagi selama Natal dan Tahun Baru, sementara kamar juga dapat dipesan penuh untuk hari-hari terakhir. Cari tau lebih lanjut tentang waktu paling produktif untuk berdiskusi dengan Indonesia

Bagaimana Cara Pergi ke Indonesia

Jika saat ini Anda tidak tinggal di Indonesia, Ini adalah bagian dari panduan bahasa Indonesia kami yang akan membahas cara termudah untuk pergi ke pedesaan dan mencari tahu cara melintasi pulau.

Bandara Sukarno-Hatta Jakarta dan Bandara Ngurah Rai Bali adalah gerbang udara internasional utama ke Indonesia, dengan penerbangan langsung dari beberapa kota dan tujuan Australia di seluruh Asia.

Kepulauan ini juga memiliki bandara global di Medan, Makassar,  Manado, Padang, Surabaya, dan Yogyakarta – dengan koneksi utama ke bandara lain di Asia Tenggara.

Untuk masuk menggunakan kapal, Indonesia memiliki koneksi feri dengan Malaysia dan Singapura.

Cara Berkeliling Tempat Wisata Indonesia

Sambil mempertimbangkan cara yang tepat untuk berkeliling Indonesia, perhatikan bahwa penundaan biasa terjadi pada semua bentuk pengiriman, karena iklim, kerusakan mekanis, atau hanya karena tidak cukupnya penumpang yang datang. Pilihan terbaik adalah membuat rencana Anda serba guna atau lebih dari satu plan untuk menghindari membuang-buang wakut, yang bisa membuat Anda stres.

Salah satu cara paling mudah yang lebih murah untuk berkeliling di Indonesia adalah dengan bus. Di sisi lain, Anda juga dapat menemukan bahwa Anda hanya mendapatkan apa yang Anda bayarkan terkait dengan kenyamanan dan keamanan. Pilihan turis lainnya adalah bolak-balik bus untuk jarak yang lebih jauh.

Di Jawa, Anda akan menemukan kereta api yang mungkin lebih nyaman dan dapat diandalkan daripada bus.

Rute penyeberangan beroperasi di antara pulau-pulau tetangga di Indonesia yang menawarkan pilihan rute jarak pendek dan jarak jauh. Periksa informasi jalur terkini dan beli tiket di depan kantor Pelni asli.

Penerbangan bisa menjadi pendekatan yang lebih cepat dan lebih murah untuk perjalanan antar pulau di Indonesia. Garuda dan Air Asia yang dioperasikan oleh negara mungkin adalah maskapai penerbangan yang paling disegani, menangani berbagai penerbangan global dan keluarga.

Tempat Terbaik untuk Dikunjungi di Indonesia

  • Borobudur, Jawa

Stupa Buddha terbesar di dunia, candi abad ke-9 adalah bagian tunggal terbesar dari struktur klasik di nusantara. Lingkungannya sama spektakulernya, dengan gunung berapi menjulang di tiga sisi dan tebing kapur bergerigi di keempat sisi.

  • Bukit Lawang, Sumatera

Terselip di ujung paling timur Taman Nasional Gunung Leuser, Bukit Lawang menawarkan beberapa peluang terbaik dunia untuk melihat orangutan di alam liar. Menyaksikan makhluk-makhluk fantastis melakukan senam di atas puncak pohon mungkin merupakan salah satu kegiatan paling menarik di Indonesia.

  • Ubud, Bali

Ubud adalah ibu kota budaya Bali, dikenal karena penari dan musisi klasiknya yang mahir, serta pelukis dan pengrajinnya yang produktif. Terletak di tengah sawah bertingkat, kota yang menggoda dipenuhi dengan galeri seni, museum, dan toko artisanal.

  • Gunung Rinjani, Lombok

Rinjani, dengan ketinggian 3726 m, tidak diragukan lagi adalah salah satu gunung terbaik di Indonesia. Pendakian ke puncaknya menantang tetapi sangat menguntungkan, menikmati hutan, puncak berbatu, dan danau kawah Danau Segara Anak yang mengesankan.

  • Tanah Toraja, Sulawesi

Di selatan Sulawesi, dataran tinggi pegunungan Tanah Toraja adalah rumah bagi salah satu budaya Indonesia yang begitu terjamin dan cemerlang: suku Toraja, yang terkenal karena ritual penguburannya yang mengerikan jika untuk pandangan umum.

  • Kepulauan Banda

Berkelompok sekitar 150 km tenggara Ambon di ujung Laut Banda, pusat Bandas di seberang puncak Gunung API yang berbentuk kerucut. Penyelam dari dunia internasional terpikat ke pulau-pulau vulkanik yang sangat jauh untuk berenang di antara penyu, marlin hitam, dan hiu martil.

  • Wisata Kelimutu, Flores

Tiga kawah dari gunung berapi yang sudah punah ini masing-masing berisi danau dengan berbagai warna yang beraneka warna dan secara bertahap berubah. Mendaki ke puncak seperti bulan pada cahaya pertama untuk melihat matahari terbit dengan kabur di atas pegunungan.

  • Taman Nasional Komodo, Komodo

Di lepas pantai barat Flores terletak Taman Nasional Komodo, sekelompok pulau tandus tapi megah yang mungkin menjadi rumah bagi komodo – kadal raksasa yang masih ada di dunia.

  • Grajagan, Jawa

Di perbatasan Taman Nasional Lamentably Purwo dalam jarak agak jauh di sudut tenggara Jawa, desa nelayan Grajagan telah berubah menjadi terkenal karena ombak internasionalnya yang elegan. Lebih dikenal sebagai G-Land, tempat ini membanggakan orang kidal dan kidal yang sangat panjang dan banyak kilometer dari pantai yang masih asli.

  • Kepulauan Gili

Tiga gili  yang berada tepat di lepas pantai barat laut Lombok ini sangat cantik, dengan pantai pasir putih yang indah tersusun oleh air biru yang cemerlang. Gili Trawangan paling cocok dengan citra pulau pesta, Gili Meno mungil adalah favorit berbulan madu, dan Gili Air menyediakan perpaduan keduanya.

  • Bukittinggi, Sumatera

Kota Bukittinggi yang santai menarik dengan arsitektur Minangkabau yang indah, lingkungan indah di sekitar Danau Maninjau dan cagar rafflesia di dalam perbukitan.

  • Sumba

Flores Selatan, Sumba terkenal dengan kainnya yang rumit, upacara pemakaman akbar, dan kontes lempar tombak berkuda tahunan yang tidak biasa.

  • Kalimantan, Borneo

Dengan hutan tropis yang lebat dan flora dan fauna yang melimpah, Kalimantan menyediakan peluang untuk antar jemput sungai di wilayah yang belum ditemukan. Jelajahi hutan bakau, hutan, bukit kelam dan desa panggung di sepanjang sungai terpanjang di Indonesia, Sungai Kapuas.

  • Yogyakarta, Jawa

Yogyakarta menempati peringkat beberapa kota yang paling terjaga dan paling bersemangat di Jawa dan merupakan pusat penting untuk seni tari, lagu, puisi, dan pertunjukan wayang Jawa klasik.

  • Cagar Alam Tangkoko, Sulawesi

Taman Nasional Tangkoko adalah rumah bagi primata terkecil di arena, tarsius. Makhluk hidup pohon nokturnal ini menyerupai anak-anak semak atau aye-aye dengan mata piring besar dan jari-jari kurus dan panjang.

Itinerary untuk Indonesia

Jika Anda punya rencana perjalanan di Indonesia, saat ini Kami telah meningkatkan informasi antar-jemput Indonesia kami untuk memasukkan contoh rencana perjalanan. Rencana perjalanan Indonesia ini dapat membawa Anda ke setiap sudut nusantara dan Anda akan diberi tahu banyak tentang pulau-pulau di Indonesia tidak peduli tempat yang Anda perlukan atau apa yang ingin Anda lakukan.

Satwa liar yang melimpah, gunung berapi yang berasap, pantai merah muda: hal-hal menarik dari Indonesia juga dapat dilapisi dalam perjalanan dua minggu.

Jadwal perjalanan dua minggu: ULTIMATE INDONESIA

Bukit Lawang, Sumatera. Di Sumatera Utara, hutan lebat dan berkabut di Taman Nasional Gunung Leuser melindungi orangutan liar, yang terlihat berkeliaran di antara puncak pohon.

Ubud, Bali. Jelajahi galeri karya seni dan toko kerajinan ibu kota budaya Bali, sebelum melihat pertunjukan menawan dari penari dan musisi klasik. Habiskan satu hari lagi untuk rekreasi Anda atau tamasya bersepeda di daerah tersebut.

Gunung Batur, Bali. Bangkit dari kawah gunung berapi yang sangat besar, Gunung Batur adalah gunung berapi yang membara dengan gumpalan asap belerang yang melayang di lerengnya. Mendaki ke puncak saat matahari terbit untuk pemandangan yang indah.

Penarungan, Bali. Penarungan adalah desa yang jauh di pinggiran Ubud, tempat gaya hidup pedesaan tradisional Bali terus berlanjut seperti yang telah terjadi selama bertahun-tahun.

Taman Nasional Komodo. Berpindah-pindah antar pulau melintasi Kelor dan Rinca untuk menghindari bahaya melakukan perjalanan di antara lanskap bulan dan melihat komodo, yang diidentifikasi secara lokal. Anda juga dapat melihat dunia alam yang tidak normal seperti kakatua jambul belerang, kalkun sikat, dan burung megapode.

Pantai Merah, Komodo. Pasir Pantai Merah yang manis dan berwarna seperti benang adalah alasan untuk julukan yang tepat: Pantai Merah. Hamparan pasir berwarna merah jambu ini menutupi garis pantai Komodo dan merupakan tempat snorkeling yang bagus untuk ikan tropis dan pari manta.

Pantai Kanawa, Komodo. Habiskan pagi hari dengan snorkeling di perairan jernih sebelum Anda kembali ke Bali.

Sanur, Bali. Sebuah resor pantai santai yang menghubungkan pantai selatan Bali, ini adalah tempat yang nyaman untuk melepas lelah di atas pasir halus.

Tanah Lot, Bali. Dibingkai menggunakan ombak putih berbusa dan pasir hitam berkilauan, candi Hindu yang megah ini diisolasi di atas batu karang yang berhamburan langsung di lepas pantai Bali.

Baik Anda memiliki waktu dua minggu atau satu bulan atau tidak, tenaga profesional lokal kami di Indonesia dapat memesan perjalanan secara elektronik yang akan memberi Anda pengalaman perjalanan di negara yang tidak biasa ini.

Saran perjalanan wisata untuk Indonesia

Pada segmen ini, kita dapat melihat saran dan panduan perjalanan Indonesia untuk membantu Anda melakukan perjalanan yang santai.

Uang dan bank

Mata uang Indonesia adalah rupiah (“Rp”). Uang kertas tersedia dalam pecahan Rp500 (sangat tidak umum), Rp1000, Rp5000, Rp10.000, Rp20.000, Rp50.000 dan Rp100.000. Uang tunai, yang pada dasarnya digunakan untuk bemo, tersedia pecahan Rp25 (rare), Rp50, Rp100, Rp500 dan Rp1000. Secara formal, rupiah harus keluar dari pintu Indonesia, tetapi harga valas yang bergejolak menandakan bahwa hanya sedikit bank yang menaikkannya.

Anda akan menemukan bank yang mampu mengelola devisa di ibu kota provinsi dan kota-kota besar di Indonesia, dan hampir setiap kota memiliki tidak kurang dari satu atau dua ATM, yang juga dapat ditemukan di banyak toko serba ada Indomaret dan Alfamart. Mereka yang paling sering menerima minimal satu dari Visa, MasterCard atau Cirrus-Maestro.

Perawatan Medis dan Keadaan Darurat

Apotek (apotek atau apotik) dapat menyediakan banyak obat tanpa resep, tetapi jika Anda ingin memiliki dokter yang dapat berbicara bahasa Inggris (doktor) atau dokter gigi (doktor gigi), carilah nasihat di akomodasi Anda atau di agen Perjalanan setempat.

Anda akan menemukan rumah sakit (rumah sakit) di kota-kota besar dan besar, dan di beberapa tempat ini dilengkapi dengan rumah sakit swasta, banyak di antaranya mengoperasikan unit gawat darurat dan kebetulan. Jika seandainya Anda mengalami perubahan nasib atau penyakit yang signifikan, sangat penting untuk dievakuasi ke rumah, yang memiliki fasilitas medis terbaik di Asia. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengatur asuransi kesehatan sebelum Anda berangkat ke Indonesia.

Kejahatan dan keamanan

Indonesia telah bertahan dalam waktu yang terik selama dekade terakhir ini, baru-baru ini dengan serangan teror Januari 2016 di pusat kota Jakarta, menewaskan 8 orang termasuk 4 penyerang. Bersamaan dengan pemboman hotel Ritz-Carlton dan JW Marriott di Jakarta pada bulan Juli 2009, pemboman Bali tahun 2002 yang menyebabkan lebih dari dua ratus (kebanyakan orang asing) tidak berguna dan kekerasan yang menyelimuti pergolakan politik dan agama pada dekade sebelumnya, baru-baru ini terjadi lagi di 2021 ada pengeboman Gereja Makasar dan penyerangan kantor polisi oleh seorang teroris wanita di Jakarta. Namun  hal itu merusak Gagasan bahwa Indonesia adalah tempat yang aman untuk bepergian. Namun, mengingat dimensi Indonesia dan banyaknya pilihan wisatawan dunia, insiden terkait orang Barat jarang terjadi.

Perampokan kecil-kecilan atau di Indonesia dikenal sebagai copet dan jambret, sebaliknya, adalah kebenaran gaya hidup, jadi jangan berkeliaran di sekitar perangkat komputer, perhiasan, atau jam tangan mahal. Perhatikan pencopet di kapal feri, bus, atau bemo, yang biasanya berpasangan: pencopet akan mencoba mengalihkan perhatian Anda. Tidak ada hubungannya dengan pengobatan di Indonesia: hukumannya sangat rumit, dan Anda tidak akan mendapat simpati dari petugas konsuler.

Persyaratan visa perjalanan untuk Indonesia

Mulai 2016, pemilih dari 169 negara, bersama dengan seluruh Eropa selain Australia, Selandia Baru, Kanada, dan AS, dapat memasukkan Indonesia tanpa visa di gerbang imigrasi mana pun dan tinggal selama tiga puluh hari. Di sisi lain, persyaratan perjalanan ke Indonesia sangat berisiko berubah, jadi ada baiknya untuk memeriksa sebelum Anda bepergian.

Setelah masuk tanpa visa, Anda tidak dapat memperpanjang masa tinggal Anda jadi jika Anda berencana untuk tinggal lebih dari tiga puluh hari, Anda ingin mendapatkan visa terlebih dahulu dari konsulat Indonesia atau membelinya pada saat kedatangan. sebesar $ 35, yang kemudian dapat diperpanjang selama tiga puluh hari lainnya di kantor imigrasi (seharga Rp250.000).

Sebagai alternatif, Anda harus membuat visa lari ke Singapura atau Malaysia sebelum kembali untuk mendapatkan visa setiap tiga puluh hari di negara tersebut. Visa paling mudah diperoleh di Singapura, Penang atau Kuala Lumpur. Tarif Rp300.000 sesuai hari dikenakan bagi mereka yang melebihi masa berlaku visa Anda.

Akomodasi di Indonesia

Biaya untuk kamar double paling sederhana dimulai dari sekitar $ 5 (ekstra di daerah turis seperti Bali), dan di semua kelas sangat mahal dari pertengahan Juni hingga Agustus, dan pada bulan Desember dan Januari. Hasil akhir pasar akomodasi Indonesia disediakan melalui homestay dan hostel.

Penginapan, atau resort, tak henti-hentinya hanyalah kamar tidur cadangan di dalam rumah keluarga, dan tak henti-hentinya ada banyak perbedaan antara ini dan losmen, pondok dan wisma, yang mungkin juga merupakan operasi keluarga. Kamar bervariasi dari kubus beton bercat putih hingga sistem bambu berseni – beberapa bahkan dipasang di taman berdinding mereka sendiri. Tempat tidur dan guling yang berat adalah norma, dan Anda akan diberikan selimut lembut.

Di pedesaan terpencil Indonesia, Anda juga bisa tinggal di pedesaan tanpa akomodasi formal, di kasur di rumah keluarga. Pertama, mintalah izin dari polisi asli atau kepala desa. Sebagai ganti penginapan dan makanan, Anda harus menawarkan uang atau barang berharga, seperti beras, garam, rokok, atau makanan, dengan harga paling sedikit sekitar $ 2.

Makanan dan minuman di Indonesia

Sekilas, makanan Indonesia mungkin tampak kurang banyak pilihan, tetapi cari tahu di luar untuk menemukan makanan khas daerah dari seluruh nusantara dan sekitarnya. Dipengaruhi dari masakan bahasa Cina, Jap Tengah, Melayu, India dan Polinesia untuk menemukan metode mereka di dapur di seluruh Indonesia.

Meskipun nasi adalah makanan pokok yang disukai, mie juga sangat populer. Daging ayam, kambing, dan daging merah merupakan daging andalan di kalangan Muslim yang mayoritas penduduknya beragama Islam ini, meski cukup banyak pilihan daging sapi di daerah Kristen dan makanan laut mendominasi menu pesisir. Banyak restoran yang menawarkan beberapa pilihan vegetarian, bersama dengan cap cay (sayuran gabungan yang digoreng), tahu (tahu), dan tempe (kacang kedelai yang dipres dan difermentasi), makanan khas Jawa.

Rempah-rempah adalah inti dari semua masakan Indonesia, digoreng menjadi pasta untuk kari atau dioleskan pada makanan sebelum digoreng atau dipanggang. Makanan terus disajikan dengan sambal, campuran cabai dan rempah-rempah yang mendesis. Para vegetarian harus memperhatikan bahwa kretek, sejenis sambal, mengandung kulit sapi.

Alkohol sering menjadi masalah sensitif di Indonesia, di mana mabuk-mabukan di depan umum mungkin akan menimbulkan masalah yang serius, meskipun tidak ada keinginan untuk menjadi paranoid tentang hal ini di kota-kota. Bir yang diproduksi komunitas, Anker dan Bintang, banyak tersedia. Roh kurang dikonsumsi publik dan juga secara teknis ilegal, jadi manjakan diri dengan hati-hati. Meskipun demikian, minuman buatan rumah sering kali dijual secara terbuka di desa-desa.

Beberapa makanan dan minuman Indonesia yang paling disukai termasuk:

  • Nasi goreng, nasi goreng dengan irisan daging dan sayuran dan dimahkotai dengan telur goreng.
  • Sate, kebab kecil daging atau ikan bakar, disajikan dengan sambal kacang pedas.
  • Roti, roti khas Indonesia yang dibuat dari adonan yang dimaniskan.
  • Espresso Indonesia mungkin salah satu yang terbaik di dunia, dimaniskan dengan banyak gula (gula).
  • Tuak (“balok”) atau tuak aren, dibuat dengan mengetuk pohon yang cocok untuk getahnya, tersedia dalam varietas sederhana putih susu atau merah muda pudar.
  • Arak beras (arak atau brem) dan sopi, hasil penyulingan tuak, salah satunya akan membuat Anda rusak setelah sesi yang berat.

Aktivitas di Indonesia

Sebagian besar orang yang berbicara dengan Indonesia datang untuk melaut, baik menjelajahi pemecah ombak atau menggali di bawah dasar air untuk snorkeling dan wisata menyelam. Pedalaman banyak sekali kemungkinan hiking dan bersepeda, dari trek gunung berapi hingga melihat alam dunia di taman nasional dan bersepeda di sejumlah pedesaan yang subur.

Menyelam

Indonesia memiliki sebagian besar situs penyelaman internasional terbaik, termasuk Pulau Bunaken di Sulawesi, Pulau Weh di utara Aceh di Sumatera, Bandas di Kepulauan Maluku, dan Raja Ampat di sebelah barat Papua. Begitu banyak penginapan pantai utama yang memiliki pusat menyelam, namun, setiap kali Anda melangkah lebih jauh, Anda hampir pasti harus bergantung pada kapal pesiar yang tinggal di kapal. Harga menyelam sehari mulai dari $ 45 hingga lebih dari $ 100.

Berselancar

Beberapa alasan utama mengapa orang lain melakukan antar-jemput ke Indonesia adalah karena ombaknya yang berdebar kencang. Ombak paling terkenal ditemukan di Bali, G-Land (Grajagan) di Jawa dan sekitar Krui di Sumatera bagian selatan. Lebih jauh lagi, Sumba, Kepulauan Mentawai, dan Lhoknga di Aceh juga semakin populer. Situs web yang luar biasa termasuk baliwaves.com, indosurflife.com

Mendaki

Tempat wisata Indonesia, Ada kemungkinan hiking tak terbatas di pulau-pulau itu. Tempat terbaik untuk bepergian di Indonesia untuk trek gunung berapi termasuk Gunung Batur di Bali dan Gunung Bromo dan Gunung Merapi di Jawa. Favorit perpajakan lainnya datang dengan Gunung Rinjani di Lombok dan Gunung Sinabung di Sumatera. Selain itu, di Sumatera, Taman Nasional Gunung Leuser di Asia Tenggara paling signifikan termasuk suaka orangutan Bukit Lawang yang terkenal. Publikasi tersedia dari desa dan pusat wisata setempat, dengan harga sekitar Rp250.000-tiga ratus.000 per hari.

Budaya Indonesia

Indonesia adalah arena yang sangat padat penduduknya Muslim, tetapi Islam di seluruh nusantara telah terbentuk melalui interaksi berabad-abad dengan Hindu, Budha dan kepercayaan yang berbeda, serta praktik animisme tradisional. Akibatnya, Islam di Indonesia secara tradisional dilindungi oleh ideologi eksklusif yang ekstra keras dari negara-negara Timur Tengah tertentu. Sebagian besar orang Indonesia tetap cukup terbuka dan toleran sejalan dengan filosofi negara Pancasila, yang menawarkan hak yang sama kepada pengikut semua agama.

Kalaupun ada permutasi lingkungan dalam norma-norma sosial yang berlaku, dengan Aceh beberapa di antaranya begitu banyak provinsi konservatif dan Bali pada dasarnya paling liberal, ada juga perbedaan antar daerah. Keluar dari akomodasi utama wisatawan, berpakaianlah dengan hati-hati, terutama saat mengunjungi situs web spiritual, agar tidak membuat tersinggung. Secara terus menerus Anda akan diminta untuk mengenakan sarung dan ikat pinggang upacara di sekitar pinggang Anda (secara teratur disediakan oleh kuil yang mungkin paling sering dikunjungi). Berhati-hatilah selama bulan puasa Ramadhan.

Tarian dan musik tradisional

Dari beragam tarian dan lagu tradisional di seluruh pulau-pulau di Indonesia, yang paling terkenal adalah pertunjukan tari klasik yang sangat bergaya dan santun di Jawa dan Bali, yang diamati melalui orkestra gamelan. Setiap langkah diatur dengan cermat, dan kedipan kecil dari sebuah arloji atau lengkungan alis memiliki arti penting. Ubud di Bali dan Yogyakarta di Jawa adalah pusat tarian ini.

Demikian pembahasan tentang tujuan tempat wisata Indonesia dan panduan berkunjung yang dapat menjadi bahan referensi Anda. Jika kalian menyukai artikel ini, silahkan share.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *